27 September 2012

Tips Menghemat Pulsa di Ponsel Android

Tags

Kepopuleran ponsel pintar, jenis android akhirnya membuat saya tertarik untuk mencobanya. Dengan beragam aplikasi di dalamnya memang menarik banyak orang untuk memilikinya. Berawal dari ponsel pintar keluaran Samsung, yaitu galaxy young lalu galaxy ace duos itulah saya bisa merasakan sendiri kelebihan dan kekurangan android, walau masih pengguna pemula.

Dibalik kemudahan dan aplikasi yang menawan dan memikat pemiliknya, ternyata memang benar yang dikatakan banyak pengguna-pengguna sebelumnya, kalau ponsel android itu cenderung boros baterai dan pulsa. Kalau dipikir-pikir memang keduanya saling berhubung, karena hampis sebagian besar aplikasi di android terkoneksi dengan internet. Tetapi yang membuat saya lebih tidak nyaman adalah ponsel android yang banyak menyedot pulsa. Karena memang android tanpa koneksi internet bukan lagi seperti ponsel pintar.

Aplikasi-aplikasi yang terinstal pada ponsel android dan terkoneksi dengan internet dapat memungkina aplikasi tersebut melakukan sinkronisasi secara otomatis ke server. Aplikasi tersebut tetap melakukan koneksi internet meskipun aplikasi-aplikasi tersebut sedang tidak digunakan atau hanya berjalan secara background. Sehingga jika masih awal memiliki ponsel android, tanpa disadari pulsa cepat sekali berkurang.

Sekarang bagaimana cara menghemat pulsa di ponsel android? Ada beberapa tips yang bisa dipraktekan untuk sedikit mengurangi pengeluaran untuk 'pos' pulsa, yaitu dengan:

Pertama, Menggunakan paket data seperlunya. Inilah cara yang untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pake data, atau menyambung dan memutus koneksi ke internet saat digunakan saja. Cara mengaturnya adalah dengan masuk ke Setting > Wireless & Network > Mobile Networks, kemudian hilangkan centang pada Data enable. Dengan menghilangkan tanda centang tersebut, maka ponsel android hanya berfungsi sebagai ponsel biasa.

Kedua, Mematikan fitur Sinkronisasi Data jika tidak diperlukan. Seperti penjelasan di atas, ponsel android dibekali kelebihan untuk melakukan sinkronisasi data sehingga selalu update, inilah yang menyebabkan pulsa bisa mudah tersedot. Apalagi jika sudah menambahkan akun-akun lain untuk disinkron, seperti google, twitter, facebook, dan lain-lain. Cara mematikannya adalah dengan masuk ke Setting > Account and Sync, kemudian hilangkan tanda centang pada Background data dan Auto-sync

Ketiga, Waspadai penggunaan aplikasi online. Beberapa aplikasi yang terinstal membutuhkan koneksi internet, misalnya seperti aplikasi google maps, twitter, facebook, dan lain-lain. Pada aplikasi-aplikasi tersebut perhatikan di bagian setting aplikasi, jika ada pilihan untuk mematikan fitur notifikasi otomatis, maka nonaktifkan saja, misalnya pada aplikasi twitter for android. Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan mematikan aplikasi penyedot data (pulsa) adalah Advanced Task Killer.

Keempat, Membeli paket internet. Ini adalah cara untuk menghemat pulsa, tetapi ponsel android kita bisa terus terkoneksi dengan internet. Mungkin terasa berat di awal, tetapi jika dihitung-hitung ini bisa lebih menghemat dalam penggunaan pulsa untuk ponsel android.

Kelima, Manfaatkan Hotspot (Wi-Fi). Ketika kita berada di area free Wi-Fi manfaatkan sebaik-baiknya. Saat di area seperti ini, matikan penggunaan paket data seperti tips pertama. Aktifkan fitur Wi-Fi yang ada di device android untuk mendapatkan koneksi internet gratis.  Gunakan koneksi itu untuk keperluan auto-sync, download aplikasi di market,  atau  aktifitas internet lainnya.

Itulah beberapa tips untuk menghemat pulsa untuk ponsel android yang saya dapat dari berbagai sumber di internet. Ponsel pintar seperti android tidak lagi menjadi kebutuhan melainkan juga gaya hidup. Selalu ada dampak atau konsekuensi dari penggunaan teknologi, sudah semestinya pula dalam penggunaan ponsel android harus bijak, dan mampu mamanfaatkan dengan maksimal dengan dampak yg minimal.

Saya punya pengalaman di awal-awal, baru isi pulsa 10 habis untuk mendownload Instagram, itu pun downloadnya belum selesai. Kamu punya pengalaman dan tips untuk berhemat pulsa di ponsel android, bagi donk :)