Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Latihan Seleksi Olimpiade Matematika Tingkat Kecamatan dan Kunci Jawabannya

Soal Latihan Seleksi Olimpiade Matematika Tingkat Kecamatan dan Kunci Jawabannya

Lama sekali tidak update blog, postingan terakhir adalah tanggal 05 Maret 2019 yang berisi 10 Paket Soal Latihan Olimpiade OSN Matematika SD. Ternyata postingan blog yang isinya seperti ini lebih banyak yang melihat. Jelas saja, siapa yang mau berkunjung ke blog selain yang lewat google search. Ketika WA, instagram, atau facebook masih sangat populer untuk berbagi selayaknya blog dengan domain sendiri.

Kali ini, saya juga kembali akan membagikan soal latihan untuk seleksi olimpiade Matematika dan Ipa (MIPA) untuk mata pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar. Jika lolos di tingkat Kecamatan, tentu siswa akan dikirim ke seleksi olimpiade MIPA tingkat Kabupaten/Kota mewakili Kecamatan. Selanjutnya, jika lolos akan berlanjut ke tingkat provinsi dan seterusnya sampai tingkat nasional.

Berikut soal latihan seleksi olimpiade Matematika SD


1. Meja-meja belajar di kelasku disusun dalam banyak baris yang sama. Mejaku berada pada baris keempat dari depan dan ketiga dari belakang. Ada 4 meja di sebelah kanan dan 1 meja di sebelah kiri. Banyaknya meja di kelasku adalah ….

Jawaban: 36

Pembahasan:

= > Jumlah Baris Meja ( n ) = 6 Baris
= > Jumlah Meja Dalam Satu Baris ( t ) = 4 + 1 + 1 = 6 Meja
= > Jadi , Jumlah Meja Seluruh Nya = 6 × 6 = 36 Meja

6. Nilai rata-rata 5 besar OSN tahun lalu adalah 75, sedangkan nilai rata-rata 6 besarnya adalah 73. Nilai peserta peringkat ke-6 adalah ….

Jawaban: 63

Pembahasan:

Peringkat 6 = (73×6) – (75×5) = 438 - 375 = 63

16. Untuk menempuh perjalanan dari kota A ke kota B, dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, seorang sopir bis biasanya memerlukan waktu selama 6 jam 40 menit. Tentukan kecepatan rata-rata bis tersebut agar ia tiba di kota B dalam waktu 1 jam 20 menit lebih awal dari biasanya!

Jawaban: 75 km/jam

Pembahasan:

Waktu = 6 jam 40 menit = 400 menit.
Waktu yang dibutuhkan 1 jam 20 menit lebih awal dari biasanya berarti :
400 menit – 80 menit = 320 menit
Maka kecepatan rata-ratanya adalah :
V = (400 .60 km)/(320 jam)=75 km/jam

18. Luas persegi panjang ABCD berikut ini adalah 60 cm2 dengan panjang BC = 6 cm. Jika diketahui bahwa CQ = RD = 2 cm, berapakah luas daerah yang diarsir?
Jawaban: 42 cm2

Pembahasan:

Karena diketahui luas persegipanjang ABCD adalah 60 cm2 dan BC = 6 cm;
maka AB = 10 cm dan DC = AB = 10 cm.
Karena CQ = RD = 2 cm maka RQ = DC - CQ - RD = 10 - 2 - 2 = 6 cm
Luas segitiga RQP = ½ x a x t = ½ x 6 x 6 = 18 cm2
Jadi, luas yang daerah yang diarsir = Luas persegipanjang ABCD - Luas segitiga RQP
Jadi, luas yang daerah yang diarsir = 60 - 18 = 42 cm2

Download latihan seleksi olimpiade Matematika SD tingkat Kecamatan


Selengkapnya, naskah soal latihan seleksi OSN Matematika SD dan kunci jawabannya dapat didownload melalui tautan di bawah ini. Soal berformat .pdf ini dapat Anda cetak (print). Silahkan klik link berikut ini untuk mendownloadnya:



Soal-soal diatas yang bisa ditemui di internet atau buku, kemudian disusun lagi untuk persiapan seleksi olimpiade Matematika SD tingkat kecamatan. Soal seleksi olimpiade OSN Matematika terdiri dari isian singkat, dan uraian. Salah satu ciri soal olimpiade matematika menekankan pada pemecahan masalah (problem solving). Menuntut proses berpikir secara kritis, logis, dan nalar, tidak lagi sekedar ingatan.