Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Matematika Kelas 5 KD 3.5 Materi Pokok Volume Kubus dan Balok

Soal Matematika Kelas 5 KD KD 3.5 Materi Pokok Volume Kubus dan Balok

Seperti yang diketahui Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru,mata pelajaran Matematika untuk kelas 5 tidak masuk dalam tematik terpadu. Mapel Matematika menjadi pelajaran yang terpisah dengan tematik yang berdiri sendiri. Pada kali ini, saya akan membagikan soal Matematika kelas 5 yang pernah dibuat yaitu tentang Volume Kubus dan Balok. Secara rinci bunyi Kompetensi Dasar (KD) pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut:

  • 3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok).
  • 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.

Soal Matematika Kelas 5 Materi Pokok Volume Kubus dan Balok


Sebelum ke soal-soal yang digunakan untuk penilaian harian, penilaian tengah semester atau bahkan penilaian akhir tahun, kamu juga bisa melihat Soal Matematika Kelas 5 Materi Pokok Penyajian Data. Langsung saja ini beberapa contoh soal untuk kelas 5 materi pokok volume bangun ruang kubus dan balok yang bentuk soal pilihan ganda, isian singkat dan uraian dengan kunci jawabannya.

1. Jika sebuah kubus memiliki volume 1.331 cm3 , maka panjang rusuknya adalah ….
A. 11 cm
B. 12 cm
C. 13 cm
D. 14 cm

2. Sebuah balok dengan ukuran panjang 12 cm dan lebar 10 cm mempunyai volume 600 cm3. Tinggi balok tersebut adalah …. cm
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6

3. Sebuah tandon air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 40 dm. Jika tandon air tersebut terisi ½ bagian, berapa liter air yang ada dalam tandon tersebut?

Jawaban :
V = 40 dm x 40 dm x 40 dm = 64.000 dm3 = 64.000 liter
isi tandon = ½ x 64.000 liter = 32.000 liter

Download Soal Matematika Kelas 5 Materi Pokok Volume Kubus dan Balok


Mengerjakan soal Matematika itu lebih enak kalau di kertas, bisa corat-coret. Untuk itu, kamu dapat mendownload soal latihan ini dalam bentuk .pdf. Soal Matamatika kelas 5 ini dibuat untuk menyesuaikan penilaian pembelajaran selama pandemi Covid-19. Sehingga soalnya cenderung mudah dan tidak banyak bentuk soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS.

Jangan khawatir, file kunci jawaban dan pembahasan soal latihan Matamatika kelas 5 materi pokok volume balok dan kubus ini juga akan saya bagikan. Agar lebih pintar, sebaiknya kamu coba mengerjakannya sendiri lebih dahulu. Bagi kamu yang ingin memilikinya untuk menambah bank soal atau berlatih Matematika, kamu dapat mendownload filenya melalui link berikut ini:



Oh ya, untuk kamu yang kelas 5 mungkin juga tertarik untuk melihat Soal Matematika Kelas 5 KD 3.4 Materi Pokok Perbandingan dan Skala. Jika kamu ingin mendapatkan password dari kunci jawabannya dapat menyapa saya di Instagram dengan username @kurniasepta ikuti dan kirim pesan. Semoga bermanfaat, silahkan bagikan dengan yang melalui sosial mediamu.