Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Latihan KSN Matematika SD Paket 6 Tahun 2021 dan Kunci Jawabannya

Soal Latihan KSN Matematika SD Paket 6 Tahun 2021 dan Kunci Jawabannya

Belajar adalah cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi Kompetisi Sains Nasioanl (KSN). Untuk megikuti olimpiade, khususnya Matematika dibutuhkan persiapan yang matang. Kemudian coba mengerjakan soal-soal olimpiade Matematika mulai tingkat Kabupaten/kota hingga provinsi.

Jika sebelumnya sudah dibagikan Soal Latihan KSN Matematika SD Paket 5 Tahun 2021 dan Kunci Jawabannya. Nah, kali ini dilanjutkan dengan Soal Latihan KSN Matematika SD Paket 6 Tahun 2021 dan Kunci Jawabannya. Soal-soal olimpiade Matematika ini didapatkan dari berbagai sumber di internet.

SOAL KSN MATEMATIKA SD PAKET 6 DAN PEMBAHASANNYA


Diketahui ∆𝐴𝐵𝐶 sama sisi dan lingkaran yang berpusat di 𝑂 menyentuh ketiga sisi segitiga seperti tampak pada gambar di atas ini. Jika luas daerah ∆𝐴𝐵𝐶 adalah 36 cm², maka luas daerah 𝐴𝑂𝐵 adalah ..... cm²

PEMBAHASAN

Karena ∆𝐴𝐵𝐶 sama sisi maka akan membentuk tiga segita yang kongruen seperti gambar di bawah ini, maka


L 𝐴𝑂𝐵 = 1/3 L∆𝐴𝐵𝐶
L 𝐴𝑂𝐵 = 1/3 x 36 = 12

6. Jamal has a drawer containing 6 green socks, 18 purple socks, and 12 orange socks. After adding more purple socks, Jamal noticed that there is now a 60% chance that a sock randomly selected from the drawer is purple. How many purple socks did Jamal add?

Jamal memiliki laci berisi 6 kaus kaki hijau, 18 kaus kaki ungu, dan 12 kaus kaki oranye. Setelah menambahkan lebih banyak kaus kaki ungu, Jamal memperhatikan bahwa sekarang ada kemungkinan 60% bahwa kaus kaki yang dipilih secara acak dari laci berwarna ungu. Berapa banyak kaus kaki ungu yang ditambahkan Jamal?

PEMBAHASAN

Misalnya banyak kaos kaki ungu yang ditambahkan adalah n, maka
( 18 + n ) : ( 6 + 18 + 12 + n ) = 60 %
( 18 + n ) : ( 36 + n ) = 60/100
( 18 + n ) : ( 36 + n ) = 3/5
90 + 5n = 108 + 3n
5n - 3n = 108 - 90
2n = 18
n = 9

Download Soal Latihan Olimpiade KSN Matematika SD Paket 6 Tahun 2021 dan Kunci Jawabannya


Soal-soal latihan KSN atau Olimpiade Matematika SD seperti soal di atas dapat menambah bank soal untuk persiapan seleksi KSN tahun ini. Selengkapnya Soal KSN Matematika SD Paket 6 tahun 2021 dengan kunci jawabannya yang berformat .PDF dapat didownload melalui link berikut :


Sebaiknya coba kerjakan sendiri soal-soal KSN Matematika SD di atas lebih dahulu tanpa melihat kunci jawaban. Jika kamu ingin melihat kunci jawabannya gunakan password kurniaseptadotcom untuk membuka file. Semoga bermanfaat, bagikan juga dengan yang lain.