Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Paket Soal Latihan Olimpiade OSN Matematika SD

10 Paket Soal Latihan Olimpiade OSN Matematika SD

Proses seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) cukup panjang. Dimulai dari tingkat Kecamatan yang diikuti oleh siswa-siswa terbaik dari masing-masing SD. Siswa-siswa yang lolos seleksi sesuai mata pelajaran yang diikuti, yaitu Matematika atau IPA mendapatkan pembinaan untuk persiapan ke tingkat Kabupaten/Kota sampai tingkat Provinsi.

Seperti yang pernah ditulis sebelumnya, soal olimpiade matematika salah satu cirinya menekankan pada pemecahan masalah (problem solving). Oleh karena itu, soal-soal olimpiade matematika jarang ditemui di kelas. Istilah kekiniannya adalah soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Menuntut proses berpikir secara kritis, logis, dan nalar, tidak lagi sekedar ingatan.

Strategi membina calon peserta olimpiade OSN diantaranya berikan sebanyak mungkin soal-soal tingkat olimpiade. Mulai dengan soal-soal yang relatif lebih mudah, secara bertahap naik ke soal yang lebih sulit. Sebenarnya sudah banyak dijumpai buku-buku kumpulan soal olimpiade Matematika SD atau mendownloadnya melalui internet yang disertai dengan pembahasannya.

Contoh Soal Olimpiade OSN Matematika SD dan Pembahasannya

Soal
Sebuah truk memuat 300 kotak barang yang masing-masing memiliki berat 1kg dan 2kg. Jika total berat seluruh barang tersebut 530kg, berapa banyak kotak yang beratnya 1kg?

Pembahasan
Misalkan kotak 1 dan kotak 2 masing-masing beratnya 1kg dan 2kg
Banyaknya kotak : K1 + K2 = 300 sehingga K2 = 300 - K1
Berat kotak : K1 × 1kg + K2 × 2kg = 530kg
atau dapat pula dituliskan kembali menjadi
K1 + 2(300 - K1) = 530
K1 + 600 – 2K1 = 530
K1 = 600 – 530 = 70
Jadi ada 70 kotak yang beratnya 1kg

Soal
Budi has to take six exams. He wants that his average score from all six exams is at least 77. From four exams that have been taken, he obtained 75, 80, 83, and 74. In order to get average value 77 from six exams, what is the minimum score that has to be obtained from the fifth exam?

Pembahasan
• Untuk mendapatkan rata-rata nilai 77, maka jumlah skor Budi pada 6 kali tes tersebut adalah 6 x 77 = 462
• Minimum nilai Budi diperoleh bila salah satu skor tes Budi adalah 100
• Misalkan skor tes Budi pada tes kelima atau keenam adalah p. Diperoleh (75+80+83+74+100+p) = 462 atau p = 50
• Jadi, skor minimum Budi adalah 50

Soal
Sebuah kereta api A yang bergerak dengan kecepatan 55 mil perjam berpapasan dengan sebuah kereta api B yang bergerak berlawanan arah dengan kecepatan 35 mil perjam. Seorang penumpang di kereta api A melihat kereta api B melaluinya selama 8 detik. Tentukan berapa panjang kereta api B!

Pembahasan
Kecepatan penumpang di dalam kereta api A jika dihubungkan dengan perpindahan kereta api B adalah 55 + 35 = 90 mil perjam atau 90/3600 = 1/40 mil perdetik. Jadi, panjang kereta api B adalah 8 x 1/40 = 1/5 mil

Beberapa bulan yang lalu sempat mengumpulkan soal-soal olimpiade OSN SD mata pelajaran Matematika. Dari soal-soal yang bisa ditemui di internet itu, kemudian disusun lagi untuk persiapan seleksi olimpiade Matematika SD. Ada 10 paket soal, bagi Anda yang ingin memiliki atau mencoba mengerjakannya bisa didownload melalui link berikut ini:


Soal seleksi olimpiade OSN umumnya terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Trik mengerjakan soal olimpiade matematika yaitu harus dicari kata kuncinya yang bisa dijadikan acuan untuk menyelesaikannya. Untuk bisa melakukan strategi-strategi dalam memecahkan soal tentunya harus banyak berlatih soal-soal olimpiade matematika SD.