Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Widget Recent Photo Tumblr di Blog

Suka upload atau berbagi photo di Tumblr? Nah, kali ini kita akan belajar membuat widget untuk menampilkan recent photo atau photo terbaru, sebagai widget yang akan di pasang di blog atau Tumblr itu sendiri. Widget recent photo ini dapat dipasang di sidebar blog agar lebih menarik dan bisa menjaring lebih banyak pengunjung.

Tumblr memang cukup populer, apalagi di kalangan remaja yang memang gaya ngeblognya lebih suka yang simpel. Aplikasinya pun juga sudah banyak didownload di smartphone. Tumbl memberikan kemudahan dalam umemposting konten di blog, serta ada pilihan banyak menu jenis konten. Selain bisa berbagi atau upload photo, juga bisa posting blog, video, chat dan link.

Widget recent photo Tumblr adalah widget yang menampilkan photo-photo terbaru yang sudah diposting di Tumblr dalam bentuk grid, ukuran thumbnail yang bisa disesuaikan dan terlihat lebih rapi. Memang hampir sebagian besar konten yang diupload di Tumblr adalah photo. Jika photonya menarik bisa direblog dan lebih cepat menyebar.

Membuat Widget Recent Photo Tumblr di Blog

Cara Membuat Widget Recent Photo Tumblr di Blog
1. Kunjungi http://jiapps.com/
2. Masukan username Tumblr kamu, contoh kurniasepta
3. Ketik judul widget atau biarkan kosong
4. Pilih banyaknya photo yang ingin ditampilkan
5. Pilih ukuran photo, ada 75px, 100px, 250px, 400px dan 500px
6. Tentukan margin antar photo
7. Pilih apakah kamu mau memberi link kredit pembuat widget
8. Tentukan link photo, apakah mengarah ke post atau Tumblr
9. Terakhir klik Update untuk melihat hasilnya
10. Di bawah preview widget adalah kode yang dipasang di blog

Bagaimana jika ingin menambahkan recent photo Tumblr di sidebar blog yang pakai blogspot? Login ke blogger.com lalu pilih Tata Letak, Tambahkan Gadget dan pilih HTML/Java Script terakhir copy paste kodenya dan Simpan. Selain recent post, terkait dengan Tumblr, kamu juga bisa membuat Popular Post untuk Tumblr di Belajar Ngeblog sebelumnya.

Sedangkan untuk memasang recent photo ini di Tumblr caranya adalah; 1.) Login ke akun Tumblr, 2.) Klik Customize theme, 3.) Copy Paste kode scriptnya di "Description", dan 4.) Terakhir klik "Save" lalu "Close", lihat hasilnya. Contohnya seperti di Blog Tumblr ini. Bagaimana? Keren kan? :D