6 Februari 2012

4 Kiat Menumbuhkan Kreativitas Menulis

Tags



Masih ingat, kemarin mendapatkan suntikan motivasi setelah mendapat buku yang berisi tentang menulis. Tetapi apa daya, saya sendiri sulit sekali untuk bisa menerapkannya, alasan klasikanya adalah kesibukan di offline dan ketidak-adaan ide mau menulis apa. Lalu ditambah lagi, akankah menulis hanya satu atau dua paragraf saja. Sulit memahami tentunya, tetapi tidak juga twitter yang 140 karakter bisa dipahami. Dari panjang tulisan dalam sebuah postingan, pasti akan ada satu kalimat utama, yang diingat, sebagai kekuatan utama dalam sebuah tulisan tersebut. Jadi panjang pendek tidak terlalu menjadi alasan, seharusnya.

Baiklah, lupakan saja kesibukan, tidak memiliki ide, ketidakpercayaan diri dan sebagainya itu yang malah membuat kreativitas terhenti. Karena dalam tulisan ini saya akan berbagi 4 kiat untuk menumbuhkan kreativitas dalam menulis. Kreativitas adalah sebuah proses untuk bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, setidaknya menurut kita sendiri terlebih dahulu. Dan proses berarti membutuhkan waktu. :D

Pertama, Paksa diri kita untuk konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan proses menulis. Kenapa harus dipaksa, karena dengan itulah menjadi bisa. Ada 24 jam dalam sehari, tidak lebih dari satu jam untuk menulis sebuah tulisan dengan panjang 400 kata. Tentang apa yang ditulis? Tentang apa yang ingin kita tulis.

Kedua, Menulis itu seperti naik sepeda. Ungkapan ini sering didengar, karena memang itulah gambaran yang bisa menganalogikan kegiatan menulis. Dari setiap hari membaca, menulis maka akan semakin terasahlah kreativitas kita. Setiap hari menaiki sepeda akan mahirlah kita dalam bersepeda. Tentunya didasari dengan keberaniaan, berani jatuh dengan terus berhati-hati. Menulis sama seperti naik sepeda, dimulai dulu dengan yang mudah lalu mencoba yang lebih agak sulit.

Ketiga, jadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan sama seperti halnya makan dan minum. Kita akan lapar dan haus ketika tidak menulis dan membaca hari ini. Karena butuh, dorongan itu diusahakan muncul dari dalam, berusaha untuk memenuhinya.

Keempat, Berusaha menjadikan menulis sebagai kegiatan di bawah alam sadar kita. Sesuatu yang dilakukan dalam alam  bawah sadar kita akan membuat kita seperti mendapatkan energi tambahan. Sesuatu yang dilakukan karena disukai dan hobi akan membuat menulis menjadi nikmat. Apalagi jika orang lain juga bisa menikmatinya.

Untuk menumbuhkan kreativitas tidak usah terlalu banyak, empat saja itu dulu. Jika memang benar-benar diusahakan dengan terus-menerus akan bisa menumbuhkan kreativitas. Apapun bisa menjadi bahan untuk menulis, kapanpun akan bisa menulis. Panjang atau pendek, yang terpenting pesannya tersampaikan, tetapi jika panjang mungkin pesannya akan bisa lebih banyak. Kemampuan daya serap dan ingat orang juga terbatas, pendekpun tak masalah. Jangan lupa terus membaca dan menulis, kreativitas akan terus mengikuti keduanya.