Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Latihan Olimpiade OSN Matematika SD Paket 1

Soal Latihan Olimpiade OSN Matematika SD Paket 1 dan Kunci Jawabannya

Kembali membagikan soal-soal latihan untuk seleksi olimpiade matematika tingkat Sekolah Dasar (SD). Jika sebelumnya dibagikan soal latihan olimpiade matematika SD dengan level mudah, kali ini akan dibagikan soal-soal olimpiade Matematika untuk level Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Seperti yang sudah diketahui bersama, proses seleksi calon peserta OSN dimulai dari seleksi di tingkat Kecamatan, kemudian Kabupaten/Kota, lanjut ke tingkat provinsi. Untuk soal OSN bidang matematika, terdiri dari 3 tipe soal, yaitu; isian singkat, uraian, dan soal eksplorasi.

Trik mengerjakan soal olimpiade matematika yaitu harus dicari kata kuncinya yang bisa dijadikan acuan untuk menyelesaikannya. Ada beberapa strategi yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menyelesaikan. Salah satu strategi memecahkan soal olimpiade matematika SD yaitu dengan membuat tabel.

Contoh Soal

Rata-rata usia tiga orang wanita adalah 26 tahun. Usia mereka tidak lebih dari 30 tahun. Usia terendah yang mungkin dari wanita–wanita tersebut adalah ....

Pembahasan

Untuk mengawali menyelesaikan soal ini dapat dengan menggunakan tabel kemungkinan usia masing-masing wanita. Karena diketahui rata-ratanya adalah 26 tahun, maka kemungkinan paling mudah usia masing-masing wanita adalah 26 tahun. Bagaimana jika wanita I berusia 27 tahun? Bagaimana jika wanita II berusia 27 tahun? Dan seterusnya hingga siswa menemukan bahwa kemungkinan usia terendah terjadi jika usia kedua wanita lain adalah 30 tahun.
Soal Latihan Olimpiade OSN Matematika SD Paket 1 dan Kunci Jawabannya
Jadi usia terendah yang mungkin dari wanita-wanita tersebut adalah 18 tahun.

Selengkapnya soal latihan olimpiade matematika SD paket 1 dan kunci jawabannya dapat Anda download melalui link berikut ini:


Untuk bisa melakukan strategi-strategi dalam memecahkan soal tentunya harus banyak berlatih soal-soal olimpiade matematika SD. Dapat dimulai dengan soal-soal yang relatif mudah, secara bertahap tingkat kesulitan soal dinaikkan. Semakin banyak tipe soal yang dipelajari hasilnya akan semakin bagus.