Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Sering Mengupdate Blog

Sudah sering dibicarakan, kalau membuat blog itu mudah, tapi yang sulit itu adalah merawatnya. Mengelola blog dengan terus mengupdatenya dengan rutin adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Hanya orang yang punya kecintaan menulis dan berbagi yang bisa bertahan di dunia blogging. Banyak yang sudah punya blog, beberapa bulan bertahan tapi selanjutnya sudah tak terurus lagi alias tidak diupdate dengan tulisan-tulisan terbarunya.

Produktivitas seorang blogger memang banyak pengeruhnya. (1) Waktu, untuk bisa menulis itu perlu meluangkan waktu, mungkin karena kesibukkanny sehingga sudah tak sempat lagi melihat blognya dan atau akhirnya melupakannya. Sebenarnya untuk menulis itu tidak butuh waktu lama, seyampang kita sudah punya ide apa yang akan kita tulis. Jadi sempatkanlah sedikit waktu untuk mengupdate blog kita. (2) Ide, pastinya untuk membuat karya itu diperlukan ide. Mengemas ide itu dalam bentuk tulisan yang bisa dinikmati pembacanya. Setelah beberapa kali menulis atau mengupdate blog lalu binggung "apa lagi yang mau ditulis, sepertinya sudah pernah ditulis". Di lingkungan kita ini banyak sekali ide, kita bisa membuatnya lebih menarik dengan gaya bahasa kita dan sudut pandang kita sendiri.

Seberapa seringkah kita harus mengupdate blog? Ukuran sering atau tidak sering ini relatif. Tergantung juga dengan pembahasan sebelumnya (waktu dan ide). Selain itu juga tergantung dengan tema tulisan blog kita. Misalnya blog yang berisi gossip tentunya lebih sering diupdate dari pada blog yang isinya travelling.

Sedangkan kalau dilihat dari jumlahnya memang blog yang diupdate setiap hari itu lebih baik. Orang bisa melihat-melihat tulisan terbaru kita setiap harinya. Blog kita akan kaya dengan konten. Tapi apakah kita bisa selalu konsisten setiap hari, berarti kita harus punya waktu setiap hari dan ide. Kebanyakkan jika memaksakannya adalah kwlitas tulisan kita tidak bisa maksimal. Ada juga selain itu pembaca setia kita yang sudah berlangganan via email atau follow di google friend connect dan facebook tidak bisa mengikuti setiap tulisan kita setiap hari.

Blog yang diupdate rutin, misalnya seminggu dua kali mengupdate atau seminggu tiga kali. Ini menurut saya lebih baik jika memang tema blog kita tidak membahas hal-hal berita. Karena dengan jeda kita bisa lebih menggali ide lebih dalam dengan waktu yang lebih lama sehingga kita dapat menjaga kwalitas tulisan kita. selain itu memberi kesempatan pembaca setia kita untuk dapat mengikuti tulisan-tulisan terbaru kita.

Karena konten adalah raja dari blog, maka kita harus dapat menjaganya, baik dari segi jumlah maupun kwalitasnya. Semoga tulisan ini dapat menjadi pertimbangan bagi kita untuk memilih seberapa sering kita mengupdate blog. Jangan lupa share pendapat Anda di kolom komentar!

24 komentar untuk "Seberapa Sering Mengupdate Blog"

  1. Terkadang saya bisa sehari sekali posting, kadang juga seminggu baru sekali posting. Untuk urusan konsistensi posting memang masih perlu ditingkatkan lagi he.he

    BalasHapus
  2. kalo harus update setiap hari bingung juga bos...
    mending hanya beberapa kali dalam seminggu...
    content is the king sih bener...
    tapi kan sering banget tuh stuck..
    ribetnya kalo dah buntu gitu

    BalasHapus
  3. penting sekali meluangkan waktu untuk meng-update tulisan2 di blog kita tiap hari, apalagi kalo blog tersebut dijadikan ladang untuk mendapatkan income

    BalasHapus
  4. saya ngupdate blog jarang2 tapi kontennya juga gak mutu2 amat haha

    BalasHapus
  5. yah.. aku sih sebenernya memantapkan untuk seminggu sekali posting blog.
    tp kadang itu klo mood lg bagus :D

    BalasHapus
  6. Info menarik dan bermanfaat..Thx

    BalasHapus
  7. Saya mentok 2 minggu 1x baru nulis mas ~x(

    BalasHapus
  8. Pengenya si tiap hari posting tapi...
    ide ada nuangin dalm kata-kata yang sulit Gan...
    mohon penserahannya.........

    BalasHapus
  9. postinglah minimal 1 artkel/hari... jangan lupa blog walking.. smoga bermanfaat :D

    BalasHapus
  10. ini mulai kembali ke Kandang u/ update blog :D

    BalasHapus
  11. Oh yeah, kadang rajin kadang nggak. kalo sering artinya moodnya lagi sakti

    BalasHapus
  12. istilahnya istiqomah ya mas :D

    BalasHapus
  13. jarang di update sih....kadang sebulan kadang seminggu.....engga nentu sih........

    BalasHapus
  14. ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

    BalasHapus
  15. 1 hari sekali heehe1 hari sekali heehe

    BalasHapus
  16. iya nihh sobat, harus di usahakan sering ngeupdate blog... di tunggu blogwalking balik

    BalasHapus
  17. awal buat blog... sering update, bahkan 1x sehari. tapi lama kelamaan bosan juga sob..

    BalasHapus
  18. alhhm dulilah boss walo blogsaya masi terbilang sangat muda dan baru tapi kalo kita lakukan hal yang konsisten kini Alexa makain berkurang karna sering saya update 1 dua saya buata tulisan baru.

    nice bos untuk info sarannya

    BalasHapus
  19. apakah terlalu banyak posting akan berpengaruh pada blog

    BalasHapus
  20. Harus belajar konsisten nih

    BalasHapus
  21. izin nyimak yah... masih belajar nih tentang blog... he he he...

    BalasHapus
  22. aq kayaknya termsuk orang yang jarang update blog deh kayaknya :D
    kadang 3hari 1x kadang tiap hari klo ada waktu :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email