Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menampilkan Recent Comments Disqus

Cara Menampilkan Recent Comments Disqus
Rasanya hambar jika blog sepi komentar, bukan saja seperti tidak ada yang mengunjunginya, blog juga terasa tidak hidup karena tidak ada tanggapan dari pengunjung. Sebenarnya bukan hanya karena blog sepi, bisa juga pengunjung blog kesulitan untuk berkomentar. Sehingga ada banyak website atau tool untuk membuat kotak komentar postingan.

Salah satu penyedia kotak komentar blog adalah disqus. Sudah ada beberapa blog yang menggunakan layanan komentar ini. Untuk komentar sedikit lebih mudah, hanya bisa pakai nama dan email, fiturnya pun juga canggih. Disqus memberikan kemudahan dalam memoderasi komentar, lebih sosial dan terintegrasi dengan twitter dan facebook.

Untuk kesempatan ini, Belajar Ngeblog di BLOG akan membahas cara menampilkan recent comments untuk blog yang menggunakan disqus. Recent comments adalah menampilkan komentar-komentar terbaru. Disqus menyediakan tab recent comments yang disertai gravatar, top commenters, dan most discussed.

Cara Menampilkan Recent Comments Disqus
Karena disqus tidak hanya dipakai di blogspot, bisa juga dipakai diwordpress hosting sendiri, dan tumblr maka kita akan berikan saja kodenya. Untuk menambahkannya bisa dimasukan di widget text atau html/javascript. Berikut kodenya;

<script type="text/javascript" src="http://blogportal.disqus.com/combination_widget.js?num_items=5&hide_mods=0&color=gray&default_tab=recent&excerpt_length=150"></script>

Dari kode di atas ada beberapa yang perlu dan bisa diubah, yaitu;
  1. blogportal adalah disqus shortname blog yang dipakai atau ingin ditampilkan.
  2. 5 adalah banyaknya komentar, orang dan top post yang ingin ditampilkan.
  3. 150 adalah panjangnya komentar yang akan tampil.
Untuk demo blog yang memakai widget recent comments dari disqus bisa dilihat di sini. Selain memakai disqus, ada juga facebook comments, yaitu kotak komentar dari facebook. Ada banyak pilihan kotak komentar, kamu memilih pakai yang mana? Atau bawaan asli blogspot saja, tapi jangan lupa hilangkan kode captchanya biar orang mudah untuk komentar di blog kamu.