Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menambahkan Gadget Google+ Followers

Blogspot atau blogger.com meluncurkan gadget atau widget baru, yaitu Google+ Followers. Sebelumnya blogspot juga sudah memperkenalkan fitur untuk mengintegrasikan (menyatukan) blog dengan halaman Google+. Setiap blog bisa membuat halaman google+nya sendiri, yang mana setiap ada postingan terbaru bisa dibagikan (post) ke halaman Google+ tersebut.

Baru-baru ini kalau kamu jeli melihat di galeri gadget saat menambahkan gadget baru, kita akan menjumpai gadget Google+ Follower atau Pengikut Google+. Dengan gadget baru dari blogspot ini, kita bisa menampilkan follower atau pengikuti dari halaman Google+. Gadget ini menampilkan avatar atau foto profil pengikut dan juga button untuk mempermudah pengunjung blog kita untuk mengikuti halaman Google+.

Seperti halnya lencana Google+, tampilan gadget Google+ Follower ini tidak jauh berbeda, dengan menambahkan gadget tersebut di blog akan tampil link menuju halaman Google+, jumlah pengikut dan avatarnya. Gadget Google+ Follower ini bisa dijadikan sebagai media membentuk komunitas blog kita, untuk wadah berlangganan atau sarana berinteraksi dengan pembaca setia blog kita.

Cara Menambahkan Gadget Google+ Followers
1. Login ke akun blogger.com
2. Pilih Tata Letak lalu tambahkan Tambah Gadget
3. Tambahkan gadget, Google+ Follower atau Pengikut Google+


4. Simpan jika sudah selesai.

Gadget Google+ Followers ini kelihatanya seperti gadget blogger lawas yang serupa, yaitu Google Friend Connect yang sudah ditutup, dan sekarang hanya ada di blogspot, dengan nama Pengikut atau Follower. Kabarnya, gadget lawas yang berupa pengikut atau google friend connect awal tahun depan (2013) akan ditutup, dan digantikan dengan Google+ Followers.

Salah satu manfaat menambahkan widget atau gadget Google+ Followers adalah membuat blog kita lebih menyatu dengan sosial media atau jejaring sosial. Tidak bisa dipungkiri, selain untuk membuat komunitas penyuka blog kita, juga untuk mendapatkan lebih banyak traffik atau pengunjung blog. Jangan lupa, ikuti juga Google+ Belajar Ngeblog di BLOG!