Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Gadget Daftar Link Dibuka di Tab Baru

Link atau tautan, hampir pasti sering digunakan blogger, baik itu saat menulis postingan atau menambahkannya di sidebar sebagai widget (gadget). Memang halaman blog selalu terhubung dengan halaman web atau blog lain. Baik itu link yang mengarah ke halaman-halaman blog sendiri atau link yang mengarah keluar dari blog kita.

Di blogger.com atau blogspot juga ada gadget daftar link selain daftar blog. Kedua gadget ini hampir sama, tetapi daftar link bisa digunakan untuk menambahkan link tertentu atau halaman tertentu di sidebar blog. Sedangkan daftar link lebih seperti blogroll untuk menambahkan link blog dan bisa melihat tulisan (post) terbaru dari blog itu.

Memakai gadget Daftar Link dari blogspot tentu lebih mudah daripada membuat secara manual dengan HTML. Kita tinggal memasukan URL dan namanya. Kelemahan menggunakan gadget Daftar Link ini adalah link akan dibuka di tab yang sama, sehingga apabila ada yang mengklik link di gadget itu akan menutup blog kita dan tergantikan dengan halaman yang diklik itu.


Dengan Daftar Link yang dibuka di tab yang sama tentu membuat blog kita menjadi tidak terlihat lagi. Oleh sebab itu perlu diubah agar link di gadget Daftar Link tersebut terbuka di tab baru. Sehingga blog kita bisa tetap terbuka, dan link yang diklik akan dilihat di Tab baru. Cara membuat gadget daftar link dibuka di Tab baru cukup mudah. Jika kita sudah menambahkan gadget Daftar Link itu, selanjutnya kita edit template blog.

Cara Membuat Gadget Daftar Link Dibuka di Tab Baru
1. Login ke akun blogger.com
2. Pilih Template kemudian Edit HTML
3. Jangan lupa centang Expand Template Widget
4. Cari kode kode berikut ini:

<li><a expr:href='data:link.target'><data:link.name/></a></li>

5. Ganti kode di atas dengan kode berikut:

<li><a expr:href='data:link.target' target='_blank'><data:link.name/></a></li>

6. Simpan Template jika sudah selesai.

Begitulah cara membuat link terbuka di tab baru. Kamu juga bisa mencoba membuat link komentar juga di tab baru. Jangan lupa, tambahkan http://kurniasepta.blogspot.com di Daftar Link blog kamu ya...Terimakasih :D