Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menambahkan Meta Tag Description di Blogger

Blogger.com, sudah tampil dengan tampilan baru sejak beberapa bulan yang lalu. Bukan hanya pilihan tampilan blognya tetapi begitu pula dengan tampilan dasbornya. Sementara itu tampilan blogger yang baru tentu juga diikuti dengan tambahan fitur yang baru. Kali ini kita akan membahas fitur baru di blogspot yang ada di dasbor baru, yaitu menambahkan meta description. Meta tag description adalah memberikan deskripsi singkat yang akan terbaca oleh search engine (google).

Meta tag adalah elemen HTML digunakan untuk menyediakan data atau deskripsi terstruktur tentang halaman blog kita. Tag tersebut ditempatkan di bagian kepala (atas) dari dokumen HTML. Search Engine menggunakan data ini untuk menampilkan potongan pencarian ketika search engine menampilkan halaman dari blog kita.

Sebagian besar button berbagi ke sosial media seperti Facebook Share atau Google+ (+1) Jika kita menggunakan button berbagi itu akan memilih hal ini meta description untuk membuat potongan (deskripsi) yang akan dibagi ke sosial media tersebut. Dengan menambahkan Meta Description yang berbeda di setiap entri sesuai dengan isinya akan membuat blog kita lebih optimal di search engine.

Cara Menambahkan Meta Tag Description

Jika di blog wordpress dengan hosting sendiri, sudah ada plugins yang tersedia. Di Blogger yang baru ini juga meluncurkan berbagai fitur SEO dan sekarang menambahkan Meta Tag Description telah menjadi begitu mudah. Kita dapat melakukannya dengan mudah dari User Interface Blogger (tampilan baru blogger) tanpa melakukan banyak mengedit template, berikut adalah caranya:

1. Login ke Blogger.com dan pastikan kamu dalam tampilan dasbor yang baru.
2. Pilih Setelan lau Preferensi penelusuran dan Aktifkan uraian penelusuran Meta Tag.
3. Tuliskan deskripsi yang menggambarkan secara umum isi blog kamu, maksimal 150 karakter.


4. Jika sudah klik Simpan Perubahan.

5. Menambahkan Meta Tag Description di Setiap Entri. 
Sekarang ketika kita membuat entri baru atau di halaman entri, kita dapat mengatur dan menuliskan Meta Description dengan cara mengatur Setelan Entri yang ada di sidebar. Kita tuliskan deskripsi singkat yang menggambar isi entri di Uraian Penelusuran maksimal 150 karakter. Setalh selesai bisa kita publikasikan.


6. Sekarang kita harus menambahkan beberapa kode HTML untuk Template Blogger kita. Untuk melakukannya pilih Template kemudian Edit HTML terus jangan lupa centang Expand Template Widget. Cari <head> dan bawahnya sisipkan kode berikut.

<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>

7. Simpan Template jika sudah selesai