Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Komunitas untuk Blog

Membuat Komunitas untuk Blog
Komunitas adalah kekuatan massa yang sangat bermanfaat. Termasuk untuk blog kita. Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk membuat komunitas untuk blog. Tentunya komunitas yang kita buat adalah untuk mendukung traffik blog, yaitu komunitas yang setia menunggu dan membaca update tulisan blog. Berlangganan tulisan dan menjadi pembaca setia blog kita.

Ada banyak cara dan media untuk membentuk komunitas blog kita, dan akan kita bahas lebih mendalam. Untuk sebagai contoh penerapannya adalah blog Belajar Ngeblog di BLOG ini. Ada 2 cara untuk membentuk komunitas itu, setalah kita menyediakan wadahnya. Maka bisa kita undang untuk bergabung atau sukarela bergabung dengan komunitas blog kita. Media untuk membentuk komunitas itu apa saja? Berikut beberapa contoh yang Belajar Ngeblog di BLOG gunakan.

1. Google Friend Connect
Ini adalah widget yang bisa kita peroleh secara mudah di blogger.com atau yang bisa juga kita dapatkan di www.google.com/friendconnect/. Orang bisa dengan mudah untuk bergabung, bisa menggunakan akun google, yahoo, atau twitter. Bagi yang mempunyai akun blogger.com maka yang sudah follow blog kita akan mendapatkan feed dari blog kita di dasbor mereka.

2. Facebook Fan Page
Hari gini pasti setiap orang punya akun facebook. Untuk itu dengan membuat fan page di blog kita. Untuk bisa membuatnya silahkan saja berkunjung ke http://www.facebook.com/pages/create.php Yang punya akun facebook mudah kok untuk membuatnya. Buat sesuai dengan judul blog kita. Kita undang beberapa teman. Lalu posting link tulisan-tulisan terbaru di facebook fan page sehingga mereka mendapatkan tulisan terbaru (update) blog.

3. Twitter
Twitter bisa menjadi situs jejaring sosial yang sifatnya mikro blogging yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Orang yang suka dengan blog kita bisa memfollow twitter kita. Setiap postingan terbaru kita terbitkan lalu kita posting linknya ke twitter. Semakin menarik, semakin banyak yang suka maka follower di twitter akan terus bertambah. Dan itu berarti telah berhasil menciptakan sebuah komunitas untuk blog di twitter.

4. Berlangganan via Email dengan FeedBurner
Email masih bisa kita manfaatkan, yaitu dengan memakai http://feedburner.google.com Setiap ada tulisan terbaru maka yang berlangganan via email ini akan mendapatkan sinepat tulisan terbaru itu. Dengan demikian akan lebih mudah untuk memantau tulisan blog kita, karena langsung dikirim ke mereka.

Masih ada banyak lagi media yang kita bisa gunakan untuk membuat komunitas blog. Tentunya kita harus mempertimbangkan bagaimana orang untuk mudah bergabung, yaitu dengan menggunakan media yang juga banyak orang gunakan. Untuk mengoptimalkannya, jangan lupa pasang widgetnya di blog, supaya orang tahu dan mudah untuk bergabung di komunitas blog kita. Dan terus jaga kwalitas tulisan kita serta kwatitas dalam mengupdate blog agar yang belum bergabung tertarik bergabung dan yang sudah bergabung merasa betah dengan komunitas itu.