Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menampilkan Status Terbaru Twitter di Blog

Selain punya blog, pastinya kita juga punya mikroblog. Salah satu mikroblog yang paling banyak pengguannya adalah twitter. Sekarang hampir semua punya twitter. Karena mikroblog yg satu ini memang enak digunakan, dengan simple dan tampilan sederhana. Kita bisa ngeblog di twitter, hanya dibatasi 140 karakter, twitter menjadi tempat berbagi apa yang kita lakukan, kita pikirkan, dan berbagi informasi. Twitter sebagai mikroblog bisa diupdate kapan saja dan dimana saja dengan fasilitas internet handphone kita. Semakin mudah, bisa mengudate mikroblog itu dan kita tampilkan di blog kita.

Cara Menampilkan Status Terbaru Twitter di Blog
1. Login ke blogger
2. Pilih Rancangan kemudian Tambah Gadget
3. Pilih HTML/JavaScript
4. Masukan kode script berikut ini:

<div id="twitter_div">
<ul id="twitter_update_list"></ul>
<a id="twitter-link" style="display:block;text-align:right;" href="http://twitter.com/kurniasepta" target='blank'><b>follow me on Twitter</b></a>
</div>
<script src="http://twitter.com/javascripts/blogger.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://twitter.com/statuses/user_timeline/kurniasepta.json?callback=twitterCallback2&count=5" type="text/javascript">
</script>

Ganti yang berwarna merah kurniasepta dengan id twitter kamu sendiri dan 5 adalah banyaknya status (tweet) yang ditampilkan.

5. Simpan jika sudah selesai.

Sebenarnya twitter sudah menyediakan widget yang menampilkan status (tweet) terbaru dengan tampilan yang lebih menarik. Tapi saya lebih senang memakai ini agar tidak membuat blog menjadi berat, dan terasa menyatu dengan blog karena hanya teksnya saja yang ditampilkan dan sesuai dengan blog kita. Dulu pernah saya hapus, dan ternyata twitter sudah tidak menyediakan halaman untuk menambahkan widget yg berupa java script ini. Untuk menjaganya maka ditulis di sini.