28 Mei 2015

Hijau dan Sejuknya Kebun Buah Mangunan Bantul

Tags


Tak hanya wisata sejarah dan budaya, Jogja juga banyak menyimpan banyak wisata alam, salah satunya Kebun Buah Mangunan di Bantul. Terletak sekitar 15 km dari terminal Giwangan membuat saya beserta keluarga tidak terlalu jauh jarak yang harus kami tempuh untuk mengunjunginya. Pasalnya waktu itu kami masih mengontrak di jalan Imogiri Timur, salah satu jalur menuju tempat wisata ini.

Dengan motor matic yang setia menemani keseharian di Jogja, kami lakukan perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan. Anak yang masih umur 7 bulan digendong Bundanya dengan gendongan model kangguru. Ini terasa lebih aman dan nyaman bagi Afra untuk naik gunung di waktu pagi itu.

Saya sendiri sudah terbiasa dengan naik gunung dengan naik motor. Karena keseharian juga mengajar di daerah pegunungan. Naik turun jalan berkelok menjadi menu setiap hari. Jalan di Bantul menuju ke Kebun Buah Mangunan tergolong bagus. Istri menikmati hijaunya hutan di samping kanan kiri jalan.

Kurang lebih 30 menit, sampailah kita di Kebun Buah Mangunan Bantul. Hijaunya pepohonan dan suara serangga menyambut kami. Berada di ketinggian 150-200 meter dan rindangnya hutan membuat udara di sini terasa sejuk. Kawasannya wisata ini sangat luas, untuk masuk dikenai karcis tiket masuk Rp5.000.

Tak seperti kami banyangkan, ternyata di sini tidak kami temukan banyak buah-buahan. Hanya beberapa pohon saja dan belum banyak buah. Kebun Buah Mangunan juga biasa digunakan untuk berkemah. Titik banyak dikunjungi atau spot utamanya adalah gardu pandang. Dari sini kami bisa melihat sungai dan gunung yang hijau di daerah Bantul.