5 Maret 2015

Memilih Smartphone, Pertimbangkan Apa yang Tak Terlihat

Tags


Sejak kemunculan smartphone, sebagai salah seorang yang suka dengan social media membuat saya juga ingin memilikinya. Alasan utamanya, kegiatan bersosial media tidak bisa lepas dari smartphone dan sebaliknya. Kini, siapa yang tidak memiliki smartphone? Bahkan keponakan saya yang masih SMP merenggek minta dibelikan, karena teman-temannya sudah berwhatsaap ria, sedangkan dia masih mengandalkan SMS.

Dengan hadirnya beragam merek, tak seperti tiga tahun yang lalu saat saya membeli smartphone yang masih saya pakai, sekarang ini jadi banyak pilihan. Kecanggihan tidak hanya didominasi oleh merek-merek lama dan sudah populer. Orang-orang kita, termasuk saya kadang masih terpengaruh merek dalam memutuskan untuk membeli gadget baru. Padahal hampir semua smartphone memiliki kemampuan yang merata.

Pernahkah terbayangkan? Bagaimana sebuah smartphone yang tipis dan ringan memiliki kecangihan, misalnya saja soal multimedia dan kamera? Hal ini sama seperti sebuah motor, mengapa bisa dapat menghemat bahan bakar lebih baik dengan tarikan yang ringan. Seringkali ada banyak hal yang tak terlihat yang sering biasa kita tidak bahas dan pelajari, yang sebenarnya itu adalah nyawa dari sebuah smartphone itu.

Selain tampilan atau bentuk fisik, yang harus menjadi pertimbangan memilih smartphone adalah prosesor atau chipset yang digunakannya. Salah satu chipset yang saat ini digunakan oleh produsen smartphone adalah Snapdragon buatan Qualcomm. Sebagai jantung dari dari ponsel smartphone, chipset Snapdragon sangat bisa diandalkan. Penggunaan chipset terbaik juga membuat kinerja smartphone lebih powerfull.


Meski menjanjikan lebih banyak fitur yang paling diinginkan dalam memilih smartphone adalah daya tahan baterai. Ternyata daya tahan baterai pun juga dipengaruhi oleh chipset yang digunakan. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon yang cerdas itu dapat menurunkan dan mematikan daya saat tidak aplikasi tidak memerlukannya. Desain terintegrasinya dapat menghasilkan penggunaan energi yang maksimal efisiensi.

Qualcomm Snapdragon telah digunakan oleh mayoritas merek smartphone terbaik di dunia, seperti Oppo. Pada Oppo N3 menggunakan Snapdragon seri 801. Oppo N3 sudah dikenal memiliki koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia serta kamera fitur. Itu semua karena di dalam Oppo N3 ada chipset Snapdragon seri 801.

Qualcomm Snapdragon bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE. Untuk upload dan download lebih cepat, serta streaming video tanpa jeda. Kamera menghasilnkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat, dan terbaik dalam fotografi cahaya rendah. Kelebihan lain Snapdragon adalah dapat menampung 4 ribu video dan memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan musik.

Sudah saatnya sekarang ini kita tidak terpaku pada merek. Karena pada dasarnya semua menawarkan kecanggihan. Semua itu berasal dari dalam yaitu chipset yang digunakan yang sering tidak diperhitungkan. Kinerja berkecepatan tinggi dan efisien serta fitur yang menawan hasil dari chipset yang mumpuni.