26 Juni 2014

Cara Gampang Refund Mandala Melalui Traveloka

Tags

Berita mengenai penghentian operasi Mandala belakangan ini membuat heboh para calon penumpang maskapai tersebut. Mereka yang telah membeli tiket pesawat Mandala kuatir tiket pesawatnya hangus dan tidak mendapatkan refund.

Saya sendiri telah membeli tiket pesawat mandala melalui traveloka dan terkejut mendengar berita secara tiba-tiba Mandala akan menghentikan operasinya. Saya kemudian membaca pengumuman dari pihak traveloka mengenai penutupan operasi maskapai Mandala Tigerair dan bagaimana cara mendapatkan refund. Untuk hal ini saya merasa traveloka telah melakukan hal yang tepat dengan menginformasikan secara cepat dan jujur mengenai penutupan dan prosedur refund Mandala, tidak seperti online travel agent lain yang tidak jelas beritanya.

Menurut pengumuman dari pihak traveloka, untuk mendapatkan refund saya dapat menghubungi sendiri pihak maskapai, atau mengisi formulir yang telah dibuat oleh traveloka untuk kemudian dibantu proses refund-nya. Saya tentu saja memilih untuk mengisi formulir online yang disediakan karena saya pikir pasti akan banyak sekali orang yang berusaha menghubungi pihak Mandala untuk mendapatkan refund tiket pesawat sehingga akan sulit menghubunginya, selain itu traveloka juga bukan penipu, pengajuan refund pasti akan diproses dengan baik dan benar.

Setelah selesai mengisi formulir refund, saya dihimbau untuk menunggu kabar selanjutnya. Besar dan lama proses refund sepenuhnya bergantung pada pihak maskapai, sehingga pihak traveloka tidak dapat menjanjikan dengan tepat kapan saya bisa memperoleh refund. Menurut saya, ini adalah hal yang wajar karena traveloka hanya bertindak sebagai perantara pengajuan refund saja dan saya rasa juga hal ini sudah sangat membantu para calon penumpang Mandala yang menginginkan refund.

Menurut pihak traveloka, mereka akan terus berkoordinasi dengan pihak maskapai, jadi bila teman-teman telah membeli tiket Mandala di traveloka dan ingin mendapatkan informasi refund, teman-teman dapat langsung menghubungi traveloka dan bersabar dalam prosesnya.