19 Maret 2014

Berlibur ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Tags

Minggu 9 Maret 2014 kita berkunjung ke kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta. Hari itu cuaca Yogyakarta bias dibilang panas, sama seperti di daerah lain yang memasuki peralihan musim. Di rumah kontrakan yang di daerah Bantul, sehari sebelumnya kita cari lokasi kebun binatang itu melalui Google Maps, maklum sebagai pendatang belum mengetahui banyak jalan di Kota yang memiliki semboyan “Berhati Nyaman” ini.

Dari Jalan Imogiri Timur KM 6 ternyata kebun binatang Gembira Loka tidak terlalu jauh, dalam Maps tertulis sekitar 5 kilometer. Pagi itu, setelah menyantap sarapan pagi dengan menu sayur sop dengan lauk Tempe kita persiapkan diri untuk menikmati hari Minggu dengan berlibur ke Gembira Loka. Dengan mengendarai Mio yang baru diservice dan diganti joknya, perjalanan dari kontrakan ke kebun binatang tidak terasa melelahkan.

Suasana Gembira Loka pagi itu masih belum ramai, di tempat parkir motor masih sedikit motor yang berjajar rapi, kita tiba sekitar pukul 08:30. Untuk memasuki kebun binatang yang telah digagas sejak tahun 1933 ini kita dikenai tarif Rp30.000/orang itu sudah termasuk tiket naik Kapal Katamaran.

Memberi makan rusa
Melihat pertunjuan satwa terampil
Uups, mereka sedang apa ya?
Naik kapal Katamaran

Kebun binatang Gembira Loka ini sangat luas, untuk mengelilinginya dengan berjalan kaki dari pintu masuk sampai keluar pasti capek, apalagi jalannya kadang naik turun. Makanya di setiap titik kita melihat-lihat binatang yang ada sambil berisitirahat. Tetapi jangan khawatir, di sini juga ada Taring (transportasi keliling yang berhenti di beberapa halte. Jadi kalau capek dan ingin melihat isi kebun binatang dari jauh bisa naik Taring.

Koleksi binatangnya tertata dengan rapi tetapi memang tidak begitu banyak, mulai dari orang utan, sinpase, buaya, kuda nil, kanguru, harimau, aneka ikan, burung, kura-kura, dan binatang reptil serta amfibi dan sebagainya. Pada jam-jam tertentu di kebun binatang yang tengah-tengahnya dibuat danau buatan ini, kita bisa menyaksikan pertunjukan satwa terampil, atraksi gajah, dan feeding time. Selain itu ada berbagai wahana, seperti; kapal katamara, perahu senggol, banana orca, dan perahu kayuh.