16 Januari 2013

Memperpanjang Domain dan Hosting Blog

Tags

blog

Rasanya sudah lama sekali tidak menulis di blog ini. Terakhir menulis di blog yang baru saya perpanjang domainnya ini sekitar dua bulan yang lalu. Iya, setelah tulisan yang saya buat untuk lomba blog, tidak ada lagi yang baru di sini. Bahkan di awal bulan Januari sempat tidak bisa diakses sampai lebih dari sepuluh hari. Sejarahnya, domain dan hosting blog ini sebelumnya adalah hadiah, sejak tahun Januari 2012 sudah mengudara dengan domain kurniasepta.com. Berarti awal tahun 2013 ini sudah setahun, dan berarti harus diperpanjang. Karena banyak alasan sehingga sampai terlambat untuk memperpanjang domain dan hosting, maka expired-lah domainnya

Sudah ada niatan untuk memperpanjang langsung dengan pindah tempat domain dan hosting, karena saya rasa masih ada beberapa hari, dan ternyata saya sudah terlambat. Lebih tepatnya memang bukan memperpanjang tetapi memperbarui domain yang sama dan memindah tempat hosting. Butuh sekitar lima hari untuk meminta (membeli) domain kembali yang sudah expired di Goddady. Syukur alhamdulillah, proses pembaruan atau perpanjangan domain dan hosting sudah selesai.

Di saat semangat ngeblog kembali mulai meredup, kicauan di twitter lebih asyik dan mobile blogging lebih mudah, menjadi renungan ketika memperpanjang blog konvesional seperti ini. Banyak blogger yang menulis tentang semakin banyak blogger yang meninggalkan blognya. Atau blogger yang mulai lebih tertarik menulis jika ada komisi atau hadiahnya membuat saya berpikir untuk kembali aktif ngeblog. Karena memang banyak keuntungan dari ngeblog, bukan hanya menambah wawasan, tetapi kadang juga bisa mendapatkan rejeki dari blog.

Untuk harga domain dan hosting ternyata lumayan murah, sempat punya pengalaman mengelola blog yang domainnya berbayar tetapi hostingnya gratis di blogspot. Untuk domain dan hosting sendiri, harga domain standar pada umumnya sekitar 90an ribu. Hosting dengan banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan blog kita sendiri. Tidak terlalu memberatkan, yang jelas yang berat adalah konsisten mengupdate blog itu sendiri. Ini adalah pengalaman pertama pindah dan memperpanjang domain dan hosting blog yang sebelumnya diberi gratis oleh Mas Vavai dari hadiah sebuah lomba blog.

Untuk menghindari keterlambatan dalam memperpanjang domain dan hosting biasanya ada email pengingat dari tempat jasa domain dan hosting tersebut. Biasanya, untuk domain yang saya kelola di blogspot, selalu saya perpanjang sebelum jatuh temponya. Jika ada rejeki dari blog, misalnya menang lomba atau pay out dari iklan saya sisihkan dan langsung saya gunakan untuk memperpanjang domain blog itu. Sudah waktunya juga jika tempat saya memilih domain dan hosting yang baru ini kualitasnya baik untuk segera memperpanjangnya lagi.

Tidak mahal tetapi juga tidak murah untuk membuat blog yang domain dan hostingnya berbayar. Tentu akan menjadi sia-sia jika sudah mengeluarkan uang tetapi blog masih saja tulisan terbarunya bulan lalu atau lebih. Mari mengajak diri sendiri untuk kembali rajin berbagi lewat blog, dengan semangat yang terbarukan sesuai dengan domain dan hostingnya yang juga baru diperpanjang *menasihati dan menyemangati diri sendiri*. Kalau kamu punya pengalaman bagaimana? Biasanya langsung ambil berapa tahun? Jangan lupa berikan komentar ya... :)