21 Januari 2013

Dukung Hebatnya Anak dengan Optimalkan Kecerdasannya Sejak Dini

Tags

Setiap anak merupakan investasi orang tua. Kenapa anak disebut sebagai investasi? Karena setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka lebih baik dalam segala hal dibandingkan mereka. Dari segi pendidikan, taraf kehidupan secara ekonomi, perilaku, keagamaan hingga pekerjaan. Seorang anak yang berhasil melebihi apa yang dicapai oleh orang tua akan membuat orang tua bangga. Terlebih lagi jika anak tersebut selain cerdas dalam intelegensi juga cerdas dalam spiritual dan emosional.

Secara korelasi, antara kecerdasan spiritual, emosional, dan intelegensi sangat berhubungan dimana kecerdasan intelegensi sedikit banyak mempengaruhi perkembangan kecerdasan spiritual dan emosional. Menurut dr Howard Gardner dalam buku Frame of Mine: The Theory of Multiple Intellegences (1983) menyebutkan bahwa kecerdasan intelegensi atau sering disebut sebagai IQ terdiri dari 7 komponen yaitu kecerdasan linguistic-verbal, kecerdasan matematis–logis, kecerdasan visual-spesial, kecerdasan ritmeik-musical, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal.

Melihat 7 aspek kecerdasan intelegensi tersebut kecerdasan dalam hal linguistic-verbal, matematis logis, interpersonal dan intra personal berhubungan dengan kecerdasan spiritual dan emosional. Oleh karena itu sangat penting bagi orang tua untuk meningkatkan kecerdasan IQ anak. Karena dengan mengetahui cara-cara merangsang dan meningkatkan kecerdasan IQ anak diwaktu yang tepat dan dengan cara yang tepat akan membuat kecerdasan intelegensi anak berkembang secara optimal.

Bagaimana mengetahui cara yang tepat dan waktu yang tepat dalam merangsang kecerdasan IQ seorang anak? Cara yang tepat dalam meningkatkan kecerdasan anak yaitu dengan merangsang 7 komponen kecerdasan tersebut, misalnya kecerdasan linguistic-verbal dengan meningkatkan kemampuan anak dalam membaca, ketrampilan menulis, ketrampilan mendengarkan, bermain dengan permainan kata dan lain sebagainya.

Kecerdasan matematis logis dengan menggunakan komputer, mencari suatu pola, bermain sains, bermain logika dan strategi dan lain sebagainya. Cara-cara merangsang seperti inilah yang perlu diketahui oleh orang tua agar dapat memberikan rangsangan perkembangan kecerdasan intelegensi secara tepat. Factor lingkungan juga harus diperhatikan karena juga dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan intelegensi anak seperti kasih sayang dan rasa aman.

Lalu kapan waktu yang tepat tersebut? Para ahli sepakat bahwa waktu yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah antara rentang 0-5 tahun yang disebut sebagai GOLDEN AGE. Golden Age adalah masa dimana perkembangan otak anak mencapai puncak keemasan yang tidak akan terulang pada tahun setelahnya. Bila orang tua menginginkan perkembangan otak anak yang optimal maka masa perkembangan ini tidak boleh mengalami hambatan.

Orang tua harus mengetahui secara pasti apa saja yang dapat menunjang perkembanagn otak anak di masa golden age ini salah satunya dengan memberikan nutrisi yang cukup dan lengkap sejak anak usia dini. Pemberian nutrisi juga harus dengan cara yang tepat yaitu dengan melalui pemberian susu. Idealnya susu yang yang diberikan kepada bayi dan anak adalah ASI, tetapi tidak semua ibu memiliki kuantitas dan kualitas yang sempurna untuk bayi dan anak. Kondisi ibu, makanan, minuman, emosi dan lain sebagainya sangat mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI ibu.

Enfagrow A+ adalah susu formula yang ideal untuk pengganti dan pelengkap pemberian nutrisi pada bayi dan anak. Enfagrow A+ sangat membantu petumbuhan perkembangan otak anak di masa golden age. Enfagrow dengan kandungan Enfa A+  merupakan komposisi unik antara kolin yaitu zat yang membantu pelepasan asetilkolin suatu neurotransmitter, dengan lancarnya pembentukan ini maka rangsangan yang menuju ke otak akan berjalan lancar.

Prebiotic Fos & Gos pada Enfagrow A+ berfungsi untuk mempertahankan fungsi saluran pencernaan sehingga zat gizi yang penting dapat terserap dengan baik melalui saluran pencernaan. Antioksidan Vitamin C & E untuk membantu daya tahan tubuh sehingga kekebalan tubuh dan imunitas anak terhadap beberapa penyakit meningkat. Selain itu dalam Enfagrow A+ juga terdapat nutrisi tambahan berupa ARA dan DHA yang lebih banyak. DHA merupakan zat yang dapat meningkatkan kecerdasan berfikir dan merangsang kreatifitas anak sejak dini.

Serat alami yang terkandung pada Enfagrow A+ sangat baik untuk pencernaan anak, protein, zat besi dan asam folik yang semuanya baik untuk perkembangan otak dan tubuh anak. Untuk mendukung kecerdasan anak, orang tua harus bijak dan teliti dalam pemilihan nutrisi yang tepat bagi buah hati mereka. Enfagrow A+ diproduksi oleh Mead Johnson Indonesia yang merupakan perusahaan internasional terkemuka dalam industri nutrisi bayi dan anak siap membantu orang tua untuk tumbuh kembang anak dan merangsang kecerdasannya sejak dini.

*) Artikel ini diikutsertakan Lomba Blog Mead Johnson ”Dukung Kecerdasan dan Tumbuh Kembang Anak”