Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat "read more" Yang Praktis

Space atau ruang di blog kita sangat terbatas, jika kita menampilakan semua isi dari postingan atau entri maka akan memakan banyak space (tempat). Bayangkan saja orang melihat halaman yang luas, maka orang akan sulit untuk memfokuskan diri.

Sebenarnya ini sama dengan membuat read more, tapi lebih praktis, karena kita tidak perlu menambahkan sesuatu kode HTML saat memposting artikel kita. Read More yang akan kita buat akan membuat kita gampang atau mudah dalam memengal isi dari postingan kita. Beberapa kalimat akan muncul dan jika dalam postingan kita ada gambarnya juga akan disertai thumbnail (gambar diperkecil)

Ada yang memberi nama read more yang akan kita buat ini dengan nama read more liberal, oleh kang Jaloe. sekarang kita bersiap untuk mempraktekanya :z Perhatikan dan baca seksama langkah-langkahnya.

Cara Membuat "read more" Yang Praktis
1. Login ke Blogger
2. Pilih Tata Letak kemudian pilih Edit HTML
3. Beri tanda cek (centang) pada “ Expand Widget Templates “
4. Cari kode di bawah ini

</head>

5. Jika sudah ketemu taruh kode berikut ini di bawahnya

<script type='text/javascript'> var thumbnail_mode = &quot;no-float&quot; ; summary_noimg = 430; summary_img = 340; img_thumb_height = 100; img_thumb_width = 120; </script> <script src='http://rizqi.moehamed.googlepages.com/read-moreotomatis.js' type='text/javascript'/>

6. Cari kode di bawah ini

<data:post.body/>

7. Ganti kode yang telah kita temukan di atas dengan kode berikut ini

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> <div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div> <script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script> <span class='rmlink' style='float:right;padding-top:20px;'><a expr:href='data:post.url'> read more &#8220;<data:post.title/>&#8221;</a></span> </b:if> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/></b:if>

8. Simpan Template Kalau sudah beres

Silahkan kamu coba sekarang, tapi berikut ini catatan yang juga perlu kita ketahui:
summary noimg= 430 adalah tinggi artikel terpenggal tampa image
summary img=340 adalah tinggi artikel terpenggal dengan image
Jika kamu kesulitan mencari kode-kode tersebut baca tipsnya di sini